MASIH SEKITAR GROUNDING.

Beberapa kali saya melihat sambungan, bonding, junction, integrasi sejumlah ground-rod menggunakan mur-baut yang terpasang di luar yang cukup / sangat mudah terendam air seperti gambar 1.

Meskipun seandainya mur-baut tadi menggunakan stainless steel, tidak ada jaminan tidak berkarat. Sambungan dengan mur-baut tidak menghasilkan kontak yang sempurna. Di samping itu stainless steel sering korosi bila kontak dengan metal lainnya, spt misal galvanized steel (saya tidak paham proses kimia fisisnya.) Akibatnya terjadi resistansi yang tinggi pada sambungan tersebut. Sambungan dengan mur-baud tentunya memerlukan pemeriksaan dan pemeliharaan yang intensip dan teliti.



Cara yang jauh lebih baik, meski membutuhkan tambahan upaya dan biaya, adalah dengan caldwelding, brassing, atau kalau tidak ada dengan solder timah yang kuat ( gambar 2, 3 dan 4 ). Tentunya welding adalah yang terbaik. Soal waktu, tenaga dan biaya, apalah artinya dibandingkan dengan keselamatan manusia dan harga peralatan yang harus dilindungi. Mestinya, ke depan harus dibiasakan penggunaan cald-welding sebagai standard instalasi untuk sambungan-2 sistem-sistem grounding.

Salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Antena Isotropik, Antena Referensi

[ Selingan ] : GROUNDING BASIC

Data Collection Mode and Volume Coverage Pattern